PRINSIP KERJA MESIN MOTOR 4 TAK, 2 TAK, DAN DIESEL

PRINSIP KERJA MESIN MOTOR 4 TAK, 2 TAK, DAN DIESEL

Kusnanto Mukti W

M0209031

Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta

ABSTRAK

Percobaan ini bertujuan untuk mempelajari perbedaan sistem kerja dari mesin motor 4 tak, 2 tak, dan diesel. Percobaan ini dilakukan dengan mengamati prototype dari mesin motor 4 tak, 2 tak, dan diesel yang sudah disediakan. Secara umum, perbedaan ketiga mesin tersebut adalah terletak pada sistem kerja piston dan katubnya, sehingga menyebabkan perbedaan sistem langkah kerja mesin. Selain itu, perbedaan bahan bakar yang menyebabkan sistem pembakaran yang dilakukan mesin berbeda, sehingga tenaga yang dihasilkan ketiga mesin juga akan berbeda-beda. Mesin motor 4 tak bekerja dengan melakukan 4 langkah kerja, yaitu mulai dari mengisap bensin sampai mengeluarkan gas sisa pembakaran. Sedangkan mesin motor 2 tak, bekerja dengan melakukan 2 langkah kerja, yaitu mengisap bensin dan mengeluarkan gas sisa pembakaran. Mesin diesel melakukan sistem pembakaran yang berbeda dari kedua motor tersebut. Namun langkah yang dilakukan mesin diesel untuk menghasilkan energI menggunakan langkah yang sama dengan mesin motor 4 tak.

Kata kunci: mesin 4 tak, mesin 2 tak, mesin diesel.


I. PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Motor merupakan salah satu penemuan yang menrubah peradaban manusia. Dengan ditemukannya motor, maka manusia dapat melakukan perjalananan yang lebih jauh dengan waktu yang lebih singkat. Kendaraan yang ada sekarang sudah menggunakan mesin motor yang lebih baik dan lebih kompleks dari sebelumnya sehingga efisiensi bahan bakar dapat maksimal. Berdasarkan langkah kerja dalam proses pembakaran, motor dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu motor 4-tak dan motor 2-tak. Perbedaan kedua tipe ini dapat dilihat dari konstruksi mesinnya, motor 4 tak mempunyai katup-katup yang berfungsi mengatur masuknya bahan baker ke dalam mesin dan mengatur pembuangan gas sisa pembakaran. Pada motor 2 tak, terdapat saluran pemasukan, pembuangan, dan pembilasan bahan baker yang diatur oleh piston dalam blok silinder. Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam, lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi). Diesel menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara.

B. TUJUAN

Percobaan kali ini bertujuan untuk mempelajari prinsip kerja motor 4 tak, motor 2 tak serta motor diesel.

II. TINJAUAN PUSTAKA

Motor dapat diklasifikasikan menurut beberapa hal. Berdasarkan bahan bakar yang digunakan umumnya motor dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu motor diesel dan motor bensin. Sedangkan berdasarkan pada banyak langkah dalam satu siklus proses pembakaran motor dibedakan menjadi motor 4 tak dan motor 2 tak.

selengkapnya download  di sini: motor-4tak-kus

2 thoughts on “PRINSIP KERJA MESIN MOTOR 4 TAK, 2 TAK, DAN DIESEL

  1. Nah, di mobil itu nanti ada dua jenis mesin lagi, mesin bensin dan mesin disel, keduanya sama-sama 4 tak, namun cara pembakaran bahan bakarnya lain. Nah kalo untuk mesin 2 tak sendiri saat ini hanya dijumpai di mesin motor.

Leave a Reply